top of page
Search
  • vannydwiwarna

Jay Null



Jay Null, lebih dikenal dengan nama alias Doctor J, adalah insinyur dan pencipta Wing Gundam dan mentor Heero. Ciri khasnya termasuk lensa mata, kawat gigi tungkai, dan lengan kiri palsu. Dokter J disuarakan oleh Minoru Inaba dalam bahasa Jepang dan Dave "Squatch" Ward dalam bahasa Inggris.


Kepribadian & Karakter

Dokter J bisa dibilang yang paling eksentrik dari para insinyur Gundam dan jika sering mendengar membuat pernyataan yang tidak biasa. Dia berbagi hubungan avuncular dengan Heero (Dialah yang memilih nama kode Heero) dan sangat dikhususkan untuk menghancurkan musuh-musuhnya, terutama OZ.


keterampilan

Seperti insinyur Gundam dan Howard lainnya, Doctor J adalah insinyur berbakat yang dibuktikan dengan karyanya mengembangkan OZ-00MS Tallgeese, Wing Gundam, dan mesin lainnya. Selain itu, keahliannya dalam robotika memungkinkannya dan para ilmuwan lainnya untuk menyabot fungsi Barge setelah ditangkap dan memasang sebuah kesalahan dalam meriam utama Libra yang menyebabkan kerusakan pada struktur setiap kali dipecat.


Sejarah

Dokter J adalah salah satu ilmuwan yang merancang orang Tallge, tetapi pergi setelah Aliansi mulai menindas koloni. Para ilmuwan dihubungi oleh Dekim Barton untuk membangun Gundams untuk pembalasan terhadap Aliansi. Namun, semua ilmuwan tidak setuju dengan rencana Dekim yang disebut Operasi Meteor.


Di awal kehidupannya, dia adalah teman universitas dari Heero Yuy dan Tomas Quarant yang asli, kakak dari Quinze. Terlibat dengan kegiatan anti-Aliansi, ia kehilangan lengannya karena bom yang ditanam oleh Aliansi. Dia membantu menciptakan Wyvern, baju besi bergerak yang berisi bentuk awal Sistem ZERO, untuk membantu Putri Katrina Peacecraft berperang untuk Kerajaan Sanc.


Baca juga artikel tentang Dorothy Catalonia


Aneh tapi ramah, Dokter J sangat bangga dengan kemampuan Heero dan mendorong pemuda itu untuk memilih nasibnya sendiri. Namun, ketika Heero merasa bersalah karena membunuh seorang gadis dan anjingnya saat menghancurkan markas Aliansi, Dekim memerintahkan Dokter J untuk melatih ulang Heero; J setuju tetapi takut bahwa Heero Yuy yang asli tidak akan suka jika namanya kehilangan kemanusiaannya.


Orang-orangnya menyelamatkan Relena dari regu pemukul OZ dan dia mengatakan padanya tentang masa lalu Heero sebelum membantunya kembali ke Bumi.


Dokter J bertemu kembali dengan rekan-rekan ilmuwannya ketika mereka semua ditangkap oleh OZ. Lady Une menuntut agar mereka membuat pakaian bergerak lebih kuat dari pada Gundam. Para ilmuwan mematuhi dengan menciptakan OZ-13MSX2 Mercurius dan OZ-13MSX1 Vayeate.


Sementara di dalam kurungan di Pangkalan Lunar, para ilmuwan dan pilot mematikan udara mereka oleh Tubarov, yang menganggap keputusan Une untuk membuat musuh-musuh mereka tetap hidup tidak bertanggung jawab. Namun, Une kembali tepat pada waktunya untuk membebaskan mereka. Terperangkap dalam perebutan kekuasaan baru antara Fraksi Treize dan Romefeller, para ilmuwan kemudian bertemu dengan Heero dan Quatre, menjelaskan kompleksitas merinci Sistem NOL, yang menyebabkan Quatre mengamuk. Romefeller menemukan mereka dan mencoba untuk menguji sistem NOL pada Wing Zero, yang dikemudikan oleh Heero, namun sistem menyebabkannya untuk mengamuk lagi.


Para ilmuwan kemudian ditangkap oleh White Fang, yang dipimpin oleh Quinze (dan kemudian Zechs Merquise), untuk membantu mereka menyelesaikan kapal perang Libra dan merekonstruksi Mercurius dan Vayeate sebagai boneka bergerak. Namun, mereka diam-diam membuat meriam pembentuk tidak mampu menembak secara berurutan.


Selama pertempuran terakhir, para ilmuwan ditemukan oleh Duo Maxwell. Mereka menyuruhnya membawa mereka ke Peacemillion, yang menabrak meriam utama Libra, di mana mereka akan memasang kembali mesinnya untuk mencegahnya jatuh ke Bumi. Setelah mereka menyelesaikan persiapan mereka, mereka dihadapkan oleh Quinze, yang memarahi mereka karena mengubah Operasi Meteor. Dokter J diduga meninggal bersama para ilmuwan lain dan Quinze dalam ledakan yang dipicu ketika mereka mengaktifkan kembali mesin Peacemillion untuk mendorong Libra jauh dari Bumi, namun dalam karya-karya selanjutnya ia terbukti masih hidup.


Catatan & Trivia

Bersama dengan Ilmuwan Gundam lainnya, di kedua game Super Robot Wars Z2, Doctor J adalah mantan anggota Celestial Being yang bekerja sama dengan ilmuwan lain untuk membangun sistem nol sebelum mereka meninggalkan faksi.

Dokter J ditembak di lengan oleh Quinze dalam episode terakhir seri ketika mencoba menyabot mesin Libra. Adegan Quinze menembakkan pistolnya dan pukulan J terpotong dari versi seri yang disensor, meskipun dia masih terlihat memegangi lengannya dengan kesakitan, sekarang tanpa alasan yang jelas.

Baik aktor suara Inggris dan Jepang Doctor J juga menyuarakan Tad Elsman di Mobile Suit Gundam SEED.

5 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page