top of page
Search
  • vannydwiwarna

Dorothy Catalonia

Updated: Jul 10, 2020

Drothy Catalonia

Dorothy T. Catalonia (ド ロ シ ー ・ カ タ ロ ア Doroshī Kataronia?) Adalah karakter dari anime Mobile Suit Gundam Wing. Dia menjadi karakter penting dalam manga New Mobile Report Gundam Wing: Battlefield of Pacifists dan merupakan Presiden ESUN selama Frozen Teardrop.


Kepribadian & Karakter

Dorothy Catalonia dianggap sebagai antitesis dari Relena Peacecraft; sedangkan Relena menganjurkan pasifisme total tanpa pertempuran, Dorothy sangat percaya pada konfrontasi dan konflik manusia untuk mencapai tujuan seperti itu. Dia juga percaya bahwa konflik manusia akan selalu menjadi bagian dari kehidupan.

Namun, pada kenyataannya, Dorothy memasang topeng wanita yang kuat, sementara dia sebenarnya tidak aman, kesepian dan trauma dengan kengerian perang, dan dia tidak akan berhenti untuk mengakhiri pembantaian.


keterampilan

Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang Dorothy, dari seri anime terlihat bahwa dia adalah orator yang hebat, mampu menyampaikan ide dan pikirannya kepada orang lain. Menjadi mata-mata untuk Yayasan Romefeller, dia tahu beberapa hal tentang menjadi pengamat. Ketika Zechs memberi Dorothy Sistem ZERO untuk mengendalikan boneka ponsel Virgo II, keterampilannya sebagai seorang ahli taktik meningkat secara signifikan, mampu menangkis Gundam Pilots.


Sejarah

Gundam Wing

Dorothy bersekolah di Kerajaan Sanc, tempat Relena Peacecraft mengajari wanita tentang pasifisme total, atas nama ayah kandungnya dan ayah angkatnya. Namun, dia benar-benar mata-mata untuk Yayasan Romefeller karena kakeknya adalah Dermail Catalonia. Meskipun ajudan Relena mengungkapkan keraguan tentang Dorothy, tetapi Relena yakin bahwa dia akan menerima cita-citanya tepat pada waktunya.


Baca juga artikel Relena Darlian


Ketika OZ menyerang Kerajaan Sanc untuk kedua kalinya, Dorothy mengungkapkan kepada Relena bahwa dia adalah mata-mata untuk Romefeller. Meskipun Relena berdiri teguh pada cita-citanya, Dorothy mengatakan kepadanya bahwa perdamaian dengan pasifisme hanyalah mimpi. Untuk melindungi orang-orang, Relena menyerah kepada Romefeller dan menjadi Ratu Dunia, seorang figur bagi Yayasan. Namun, dia memiliki pengaruh luar biasa terhadap Dermail, dan menyerukan kepada bangsa-bangsa di dunia untuk melucuti senjata demi mencapai perdamaian sejati. Ini membuat marah Dermail, yang menginginkan kekuatan militer untuk menjaga perdamaian. Dorothy secara halus memanipulasi kakeknya untuk pergi ke ruang angkasa untuk menangani pemberontakan Fang Putih, sehingga tidak memungkinkan oposisi bagi Relena untuk meyakinkan Bumi tentang kepercayaannya. Namun, dia tidak bisa mengantisipasi White Fang menyerang konvoi kakeknya. Dia kemudian menolak untuk menangis dan sebaliknya menghormati kakeknya sebagai pria hebat.


Dorothy segera menuju ke luar angkasa, untuk bergabung dengan pemimpin White Fang Zechs Merquise, menggunakan nama aslinya Milliardo Peacecraft. Awalnya, pemikiran pertama Milliardo adalah menghancurkan pesawatnya, karena dia berasal dari Romefeller, tetapi mengalah ketika dia dengan penuh semangat merinci sejarahnya. Dia menjadi yang kedua dalam perintah, bersaksi kepadanya menggunakan meriam utama Libra untuk menyerang Bumi dan ketika Relena mencoba untuk membujuk saudaranya dari tujuannya. Dorothy kemudian menawarkan pistol Relena untuk menembak saudaranya tetapi dia masih berpegang teguh pada cita-citanya. Karena itu, Dorothy menguncinya di kamarnya.


Milliardo kemudian menunjukkan kepada Dorothy sistem NOL, program rumit yang dapat memungkinkan manusia mengantisipasi serangan, sehingga menciptakan senjata pamungkas. Dorothy menggunakan sistem untuk mengontrol boneka ponsel White Fang dari jarak jauh untuk menyerang Gundam, berusaha mengisolasi masing-masing sebelum menghancurkan mereka. Tetapi segera Gundam mulai bekerja seefisien boneka-boneka itu, membingungkan Dorothy. Bentrokan dua sistem NOL menyebabkan dia menyadari bahwa koordinator lainnya adalah Quatre Raberba Winner, yang memiliki sistem NOL di Gundam-nya. Dia kemudian memerintahkan meriam Libras untuk ditembakkan, hampir tidak bisa dihindari oleh Peacemillion.


Berita mengenai Kura-kura Sulcata


Tak lama kemudian, militer Bangsa Dunia, yang sebagian besar terdiri atas jas Leo yang dikemudikan, ditombak untuk mencegat Libra, dipimpin oleh Treize Khushrenada, yang menantang Milliardo untuk berduel. Dorothy dengan sepenuh hati berharap Milliardo menerima tetapi dia malah menolak, dengan menyatakan bahwa dia bukan lagi prajurit OZ; Treize sudah menduga ini. Quinze kemudian menodongkan pistol ke Dorothy karena pembangkangannya. Dia kemudian menembakkan meriam Libra lagi, memusnahkan sebagian pasukan Treize, meskipun Treize didorong keluar oleh Lady Une / Wing Gundam.


Pertempuran antara White Fang dan OZ kemudian dimulai. Gundam, meskipun tidak bersekutu dengan Treize, bertekad untuk menghentikan White Fang dari menyelesaikan Operasi Meteor. Dorothy berhadapan langsung dengan Quatre, menantangnya untuk duel pagar. Ketika mereka bertempur, meskipun Dorothy mengaku suka perang, dia sangat membencinya karena merenggut nyawa ayahnya, dan menunjukkan wajah yang kuat kepada dunia. Dia kemudian bisa melukai Quatre. Namun, Trowa mengintervensi. Dorothy kemudian meninggalkan Libra, karena jatuh ke Bumi tetapi dihancurkan oleh Wing Zero.


Setelah Earth Sphere Unified Nation terbentuk, Dorothy dan Lucrezia Noin memberikan penghormatan kepada kuburan Milliardo, yang tampaknya mengorbankan dirinya untuk menghancurkan Libra. Namun, yang terakhir percaya bahwa dia telah selamat.

Endless Waltz

Ketika Relena memanggil orang-orang untuk melawan Tentara Mariemaia, Dorothy muncul di depan orang banyak menonton layar TV besar. Dia mengejek mereka ketika anjing mengibas-ngibaskan ekor mereka dan pergi ke tuan mereka. Orang-orang kemudian menyadari bahwa perdamaian tidak mudah bagi mereka dan mereka harus mendapatkannya. Dorothy memutuskan untuk membantu mereka pada saat keberanian mereka dengan menyediakan truk untuk transportasi ke Brussels, ibukota Earth Sphere Unified Nation, tempat para Pencegahan dan Gundam bertarung dengan Tentara Mariemaia. Di sana, orang-orang, dengan cara pasifis, berdiri melawan mereka yang berpikir untuk menaklukkan mereka. Akhirnya, itu menyebabkan perdamaian lengkap di Earth Sphere.


Episode Zero

Dorothy membuat penampilan cameo di alur cerita Preventer 5 yang ditampilkan dalam manga Episode Zero. Manga ini juga mengungkapkan dalam cerita Relena bahwa ayahnya Jenderal Catalonia adalah pemimpin asli OZ yang mendahului Treize Khushrenada dan terbunuh sekitar zaman 193 M. yang dalam garis waktu seperti yang ditunjukkan dalam manga adalah ketika Trieze mengambil kendali OZ.


Frozen Teardrop

Di M.C. 0022, Dorothy T. Catalonia adalah Presiden Negara Kesatuan Bumi Sphere. Dia secara pribadi memberi agen Preventer Kathy Po pesanan dan data yang diperlukan untuk memberlakukan Operation Mythos. Ketika Kathy memandang sejarah pribadi Treize Khushrenada untuk ikut serta dalam Operasi, dia mengamati Dorothy yang berusia 5 tahun bersama ayahnya, pemimpin OZ, Jenderal Chilias Catalonia. Dia mencatat Dorothy adalah seorang yang sangat cantik dan berbicara dengan cara yang sama pada saat itu tentang bagaimana dia melakukannya dalam seri, menunjukkan tingkat kecerdasan yang sudah tinggi. Dia tampaknya telah terpikat dengan Treize sebagai seorang anak, ingin "menikah" dengannya.


2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page